Pasien dan keluarga adalah pribadi yang unik dengan sifat,sikap, perilaku yang berbeda-beda, kebutuhan pribadi, agama, keyakinan dan nilai-nailai pribadi. Rumah Sakit membangun kepercayaan dan komunikasi terbuka dengan pasien untuk memahami dan melindungi nilai budaya, psikosal, serta nilai spiritual setiap pasien. Hasil pelayanan terhadap pasien akan meningkat bila pasien dan keluarga yang tepat atau mereka yang berhak mengambil keputusan diikut sertakan dalam mengambil keputusan pelayanan dan proses yang sesuai dengan harapan, nilai budaya. Untuk mengoptimalkan hak pasien dalam pemberian pelayanan yang berfokus pada pasien dimulai dengan menetapkan hak tersebut, kemudian melakukan edukasi pada pasien serta staf tentang hak dan kewajiban tersebut. Para pasien diberi informasi tentang hak dan kewajiban mereka dan bagaimana harus bersikap.

Untuk itu semua staf dididik untuk mengerti dan menghormati kepercayaan, nilai-nilai pasien dan memberikan pelayanan dengan penuh perhatian serta hormat guna menjaga martabat dan nilai diri pasien. Semua staf memperoleh edukasi dan memahami tentang hak serta kewajiban pasien dan keluarga, juga dapat menjelaskan tanggung jawabnya melindungi hak pasien. Semua staf memperoleh edukasi tentang komunikasi efektif sehingga pasien dan keluarga akan merasa nyaman dengan pelayanan yang dilakukan.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Petugas mampu mempraktekkan komunikasi efektif bagi pasien dan keluarga, serta mampu melakukan identifikasi, melindungi dan mengoptimalkan hak pasien dan keluarga dalam pelayanan di lingkungan RSUD Abepura. Kegiatan ini dilaksanakan oleh sekretariat Akreditasi RSUD Abepura melalui kepanitiaan kegiatan pelatihan Hak Pasien dan Keluarga bagi seluruh pegawai rumah sakit Ketua dr. Bima Yuswanti Elifas, Sp.S di Lingkungan RSUD Abepura tahun 2019.

kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 31 Oktober sampai dengan 01 November 2019 di gedung pertemuan Lantai 3 rumah sakit, Narasumber Marthen Sege,S.Kep.Ns,Ch,CHt. materi yang disampaikan yaitu :

  1. Komunikasi Efektif
  2. Komunikasi dengan menggunakan SBAR
  3. Komunikasi tentang HPK
  4. Komunikasi efektif Front Ofice
  5. Komunikasi efektif antara dokter dengan pasien dan keluarga
  6. Komunikasi efektif antara PPA
  7. Komunikasi efektif antara perawat dengan pasien

Sumber : Panitia Kegiatan Pelatihan HPK Rsud Abepura

CategoryBerita

© 2018 - Team IT RSUD Abepura

Hubungi Kami        (0967) 581064