Pembukaan Pelatihan

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) RSUD Abepura.

Foto: Herman CS

Akreditasi Rumah Sakit adalah salah satu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen RS karena telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Adapun tujuan akreditas RS adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, Dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk berobat ke luar negeri.

Sejak diterapkannya pasal 52 ayat (1) UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, setiap RS wajib melakukan pencatatan dan pelaporan semua kegiatan penyelenggaraan RS dalam bentuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit; Pasal 3 ayat (1) Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit bahwa setiap RS wajib menyelengarakan SIMRS, sehubungan dengan itu, rapat pengurus KARS pada tanggal 21 Maret 2018 tentang penggunaan Aplikasi Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi Rumah Sakit (SISMADAK) wajib dimiliki bagi RS yang terakreditasi.

SISMADAK atau Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi adalah sebuah aplikasi alat bantu bagi RS untuk mengumpulkan, menyimpan dan mencari kembali dokumen bukti yang berhubungan dengan akreditasi. SISMADAK dikelola oleh masing-masing RS sehingga menjamin kerahasiaan dokumen RS.

Mengingat pentingnya SISMADAK dalam era Akreditasi maka sangat perlu mempersiapkan sumberdaya manusia khususnya di RSUD Abepura dengan memberikan pelatihan “Sistim Manajemen Dokumen Akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Abepura.” Pada tanggal 02 November 2018 di Aula Pertemuan Lt.III RSUD abepura.

Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah agar peserta mampu:

  1. Mengenali prinsip-prinsip dasar dalam SISMADAK
  2. Mengenali tipe/model pelaporan dalam SISMADAK
  3. Mengenali perubahan dan mampu melakukan perubahan
  4. Meningkatkan keterampilan
  5. Memahami konsep SISMADAK dan proses penerapannya
  6. Mampu menggunakan aplikasi dalam sistem pelaporan dokumen akreditasi RS
Sumber : Panitia Pelatihan Sismadak Rsud Abepura
CategoryBerita

© 2018 - Team IT RSUD Abepura

Hubungi Kami        (0967) 581064